Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan pada Sebelum, Saat, dan Sesudah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.21776/jmrk.2023.02.2.03Keywords:
Covid-19, Consumer Goods, Financial Performance, Financial RatioAbstract
World Health Organization has declared that Covid-19 is a global pandemic. The outbreak has brought adverse impacts to various companies, particularly those engaged in consumer goods manufacturing. The objective of this research is to identify the different performances of five consumer goods companies before, during, and after the Covid-19 pandemic. This quantitative descriptive research uses one variable, i.e., an independent variable in the form of the companies’ financial ratios consisting of liquidity, solvability, activity, profitability, and market) the data was assessed using parametric hypothesis test (two paired sample t-test) and non-parametric hypothesis test (Wilcoxon signed-rank test). The results of the analysis indicate that there are significant differences in the profitability ratio of the consumer goods manufacturing companies; they are gross profit margin in 2020 and 2022 (during and after the pandemic) and net profit margin in 2018 and 2022 (during and after the pandemic). Significant differences were not found in the companies’ liquidity, solvability, activity, and market ratios between the periods of before, during, and after the pandemic.
Abstrak
WHO (world health organization) menetapkan covid-19 sebagai pandemi global yang menyebabkan dampak buruk kepada berbagai perusahaan khususnya perusahaan manufaktur sektor consumer goods. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan lima perusahaan sektor consumer goods dari sebelum, saat, dan sesudah pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu variabel independen berupa rasio keuangan perusahaan sektor consumer goods (rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas, dan pasar). Data telah diuji menggunakan uji hipotesis parametrik (uji-t dua sampel berpasangan) dan non-parametrik (wilcoxon signed rank test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio profitabilitas lima perusahaan sektor consumer goods, yaitu gross profit margin tahun 2020 (saat) dan 2022 (sesudah) pandemi serta net profit margin tahun 2018 (sebelum) dan 2022 (sesudah). Namun tidak ada perbedaan yang signifikan pada rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan pasar pada sebelum, saat, dan sesudah pandemi covid-19.
References
Astawinetu, Erwin Dyah & Handini, Sri. (2020). Manajemen Keuangan: Teori dan Praktek. Scopindo Media Pustaka.
Cucinotta, D. & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 A Pandemic. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 91(1), p. 157.
Desire, L. & Fitria, A. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(5).
Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. 2nd edn. Bandung: Alfabeta.
Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16–25.
Hutabarat, Francis. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Desanta Publisher.
Hidayat, W.W. (2018). Dasar-dasar Analisa Laporan Keuangan. Uwais Inspirasi Indonesia.
idx.co.id. (2022a). Fact Sheet Indeks Consumer Goods Industry per Desember 2019. Available at: https://www.idx.co.id/primary/search/url?id=a31a42201a3d484cb3bc9865836916e2&redirect=https%3A%2F%2Fidx.co.id%2FMedia%2F8189%2Ffact-sheet_20191230_29_consumer.pdf (Accessed: 30 March 2023).
idx.co.id. (2022b). Fact Sheet Indeks Consumer Goods Industry per Agustus 2022. Available at: https://www.idx.co.id/primary/search/url?id=5fae81814cf54becbe8cad6009ff8930&redirect=https%3A%2F%2Fidx.co.id%2FMedia%2F20221009%2Ffs-idxnoncyc-2022-08.pdf (Accessed: 30 March 2023).
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2015). PSAK No. 1 Tentang Laporan Keuangan– edisi revisi 2015. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan.
Ismawati, I. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19 Pada Pt. Unilever Indonesia Periode 2019-2020.
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan / Dr. Kasmir. 11th edn. Depok: Rajawali Pers.
Putri, B. G. (2020). Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan’, Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), pp. 214–226.
Revinka, S. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sebelas Sektor Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Acitya Ardana, 1(2), pp. 145–163.
Rochman, R. & Pawenary, P. (2020). Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan PT Harum Energy periode 2014-2019. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), pp. 171–184.
Sa’adah, L. (2020). Manajemen Keuangan. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Sari, T. N. & Setyaningsih, P. R. A. (2022). Analisis Financial Distress dan Financial Performance Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 8(1).
Zaki, M. & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), pp. 115–118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Management Risiko dan Keuangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.