PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU

Authors

  • R. P. Muhammad Iqbal Raihan Management, Faculty of Economics and Business, Brawijaya University, Indonesia
  • Sumiati Sumiati Faculty of Economics and Business, Brawijaya University, Indonesia

Keywords:

Financial Literacy, Financial Inclusion, Self-Control, Saving Behavior

Abstract

This study aims to determine the effect of financial literacy, financial inclusion, and self-control on the saving behavior of students of the Department of Management class of 2019, 2020, and 2021, Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya. This research is a type of associative quantitative research. The objects of this research are 1.165 students of the Department of Management class of 2019, 2020. And 2021, Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya. The sampling technique used probability sampling with proportional random sampling method and obtained a sample size of 298 students. Based on the results of testing the three hypotheses that have been determined, it can be concluded that, (1) financial literacy has a positive and significant effect on student saving behavior, (2) financial inclusion has a positive and significant effect on student saving behavior, and (3) self-control has a positive and significant effect on the saving behavior of students of the Department of Management class of 2019, 2020, and 2021 Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya.

References

Alshebami, A. S. & Seraj, A. H. A. (2021). The Antecedents of Saving Behavior and Entrepreneurial Intention of Saudi Arabia University Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 21(2), 67-84.

Ardiana, M. (2016). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya terhadap Perilaku Menabung Siswa SMK se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(1), 59-75.

Badan Pusat Statistik. (2023). Ekonomi Indonesia Tahun 2022 Tumbuh 5,31 Persen. Diakses pada tanggal 4 April 2023, dari https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/02/06/1997/ekonomi-indonesia-tahun-2022-tumbuh-5-31-persen.html.

Bank Indonesia. (2020). Statistik Ekonomi Keuangan Daerah (SEKDA) “Daerah Jawa Timur”. Diakses pada tanggal 10 April 2023, dari https://www.bi.go.id/id/statistik/sekda/StatistikRegional.aspx?idprov=35.

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1-19.

Dikria, O. & Mintarti, S. U. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 128–139.

Fitriarianti, B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan terhadap Keputusan Berinvestasi. Seminar Nasional Akuntansi, 1(1), 1-15.

Haryani, I. & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik Pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1), 5-11.

Hendra & Afrizal, A. (2020). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 98–106.

Nafisah. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Teman Sebaya Dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Menabung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Brawijaya Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2),1-15.

OECD. (2018). Financial Inclusion and Consumer Empowerment in Southeast Asia.

Oktapiani, S., Andriani, S., & Apriani, F. (2022). Pengaruh Kontrol Diri dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Menabung di Bank Konvensional. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 520-525.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/PJOK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan/atau Masyarakat. Otoritas Jasa Keuangan: Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif

Putri, T. P. & Susanti. (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan , dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 323–330

Putri, E. B. & Wahjudi, E.. (2022). Pengaruh Literasi Finansial, Inklusi Keuangan, Teman Sebaya, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 10(3), 217-231.

Sekarwati & Susanti. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Modernitas Individu Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 16(2), 268-275.

Siboro, E. D. & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Melalui Self Control Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 37–50.

Thung, C. M., Kai, C. Y., Nie, F. S., Chiun, L. W., & Tsen, T. C. (2012). Determinants of Saving Behavior among the University Students in Malaysia. University Tunku Abdul Rahman, Malaysia.

Tripambudi, B. & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 189-195.

Tyas, A. R. & Rahmawati, I. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Wijaya Kusuma). Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 1(1), 11-22.

Vieira. (2012). What Do We Know About Financial Literacy?A Literature Review. Marmara Journal Of European Studies, 20(2), 23-38.

Wulandari & Susanti. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(2), 263-268.

Xu, L. & Zia, B. (2012). Financial Literacy around the World: An Overview of the Evidence with Practical Suggestions for the Way Forward. The World Bank Development Research Group Finance and Private Sector Development Team.

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–10.

Zulaika, M. D. S. & Listiadi, A. (2020). Literasi Keuangan, Uang Saku, Kontrol Diri, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 137–146.

Published

2024-01-24

Issue

Section

Articles